Breaking News

Sukses Gelar Akhirusanah dan Khotmil Qur’an Tahun 2023, SMP IT Insan Kamil Magelang Berkomitmen Terus Membentuk Generasi Qur’ani

 

Foto Bersama Guru dan Kelas IX

Nektarnews.com – SMP IT Insan Kamil Magelang sukses menyelenggarkan Akhirusanah dan Khotmil Qur’an pada, Rabu, (14/6/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap cinta Al-Qur’an dan mewujudkan generasi bangsa yang berkualitas.   

Para siswa kelas IX tampak bahagia di hari Akhirusanah dan Khotmil Qur’an. Acara ini berlangsung semarak di Lapangan Utama SMP IT Insan Kamil Magelang.

Khotmil Quran merupakan tahap akhir setelah siswa melalui proses pembelajaran di kelas dan pondok. Hal ini menunjukkan bahwa siswa telah menguasai keterampilan membaca Al-Qur'an dengan baik, termasuk mengikuti tajwid dan kaidah yang sesuai.

Kegiatan ini bertajuk “Mencetak Generasi Qur’ani dan Membangun Peradaban Umat”. Melalui tema tersebut, SMP IK memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam membaca dan memahami Al-Qur'an secara benar.

Selain itu, kegiatan khotmil Quran juga memiliki beberapa manfaat. Pertama, motivasi yang dihasilkan oleh kegiatan ini dapat mendorong siswa dan keluarga besar SMP IT Insan Kamil Magelang untuk terus mengamalkan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, kegiatan ini juga menjadi sarana evaluasi bagi siswa dan lembaga pendidikan untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an dan memperbaiki kekurangan yang ada.

Acara ini terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya, kirab, khotmil Tahsin, Khotmil Tahfidz, Sambutan, Imtihan Ghorib Tajwid, Imtihan fathurrohman, rebana, Prosesi Wisuda, dan Pembagian Prestasi.

Yang menarik, saat acara ujian kelas IX diikhalayak umum terkait kemampuan Ghorib Tajwid, Imtihan Fathurrohman, dan Tahfidz. Siswa kelas 9 dipilih secara acak untuk menjawab pertanyaan dari guru, wali santri, hingga masyarakat umum.

Bagi siswa yang berhasil menjawab dengan tepat akan diberi voucher, hadiah, hingga uang tunai. Secara umum kelas IX yang diberi pertanyaan dapat menjawab dengan tepat. Sehingga banyak siswa kelas XI yang memperoleh voucher, hadiah, dan uang tunai.

Dengan berakhirnya acara Akhirusanah dan Khotmil Qur’an berarti sudah resmi kelas IX menjadi alumni SMP IT INsan Kamil Magelang. Meskipun demikian, para alumni harus tetap menjaga hafalan Al-Qur’an, meningkatkan kualitas ibadah dan akhlak, serta tetap gali potensi diri sesuai kemampuanya masing-masing.

“Selamat untuk kelas IX yang telah menyelesaikan studi di SMP IT Insan Kamil Magelang, semoga ilmu yang didapat dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari--hari. Tetap berusaha temukan solusi-solusi dari keresahan atau masalah yang ada dalam diri. Setiap dari kalian memiliki kelebihan masing-masing, gali potensi dalam diri dan menjadi ahli dalam bidang itu”, ungkap Arfian Irawan, Ketua Panitia Akhirusanah dan Khotmil Qur’an.

Untuk mengembangkan dan mempertahankan kegiatan khotmil Quran, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Penting untuk terus memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa agar terus mempelajari Al-Qur'an dan meningkatkan kemampuan membacanya. Ini dapat dilakukan melalui pembelajaran yang terstruktur dan penggunaan metode yang efektif dalam mengajar tajwid dan kaidah membaca Al-Qur'an.

Penulis: Fendi Setiawan/ Guru SMP IT Insan Kamil Magelang

Tidak ada komentar